Keamanan Personal Komputer

Arti menurut keamanan personal komputersudah berubah dalam beberapa tahun terakhir. Sebelum kasus keamanan data/liputan menjadi popular, kebanyakan orang berpikir bahwa keamanan computer difokuskan dalam alat alat computer secara fisik. Secara tradisional, fasilitas personal komputersecara fisik dilindungi karena tiga alasan:Untuk mencegah pencurian atau kerusakan hardwareUntuk mencegah pencurian atau kerusakan informasiUntuk mencegah gangguan layanan Grosir Komputer Medan

Prosedur yg sangat ketat buat akses ke ruang server diaplikasikan sang sebagian akbar organisasi, dan prosedur ini seringkali dipakai untuk mengukur level keamanan computer. Dengan adanya akses jeda jauh atau remote terminal, jaringan yang telah banyak serta teknologi internet yang berkembang pesat maka proteksi secara fisik sudah jarang atau nir Toko Komputer Medan dapat lagi dipakai buat mengukur level keamanan. Meskipun demikian, masih ada beberapa perusahaan yg masih melindungi fasilitas fisik server mereka dengan peralatan cangih namun kurang memperhatikan proteksi terhadap data atau warta itu sendiri yang disimpan pada server. Walupun nilai data atau keterangan tersebut beberapa kali lebih besardari nilai hardware.

Oleh karenanya konsep atau definisi computer security atau keamanan computer saat ini manjadi lebih luas atau sanggup jua didefinisikan menjadi berikut: keamanan komputer dibuat untuk melindungi komputer & segala sesuatu yg berkaitan dengan itu, bangunannya, workstation dan printer, kabel, & disk dan media penyimpanan lainnya. Yang paling penting, keamanan personal komputermelindungi keterangan yg disimpan dalam sistem anda. Harga Komputer Medan Keamanan komputer nir hanya dirancang buat melindungi terhadap penyusup dari luar yg masuk ke sistem, tetapi pula bahaya yg timbul dari pada misalnya berbagi password dengan sahabat, gagal atau tidak dilakukan buat backup data, menumpahkan kopi dalam keyboard & sebagainya.

Didalam information security acapkali jua dikenal CIA Triad atau segitiga confidentiality (kerahasiaan), integrity (integritas), dan availability (ketersediaan). Kerahasiaan, integritas dan ketersediaan, yg dikenal menjadi segitiga CIA ini merupakan model yg dibuat buat memandu kebijakan buat keamanan fakta dalam sebuah organisasi. Model ini jua kadang-kadang diklaim menjadi triad AIC (ketersediaan, integritas dan kerahasiaan) buat menghindari kebingungan menggunakan Central Intelligence Agency. Unsur-unsur dari 3 serangkai tadi dianggap tiga komponen yang paling penting dari system keamanan.

Jika bicara kerahasiaan sama dengan bicara privasi. Langkah-langkah yg dilakukan buat mengklaim kerahasiaan dirancang buat mencegah warta rahasia dan sensitif di ambil sang orang yg tidak berhak. Oleh karenanya access harus dibatasi hanya untuk mereka yang berwenang saja yg bisa melihat data yg sensitive atau rahasia tadi.

Sebuah sistem personal komputeryang aman harus menjaga agar informasi selalu tersedia untuk pengguna. Ketersediaan berarti bahwa perangkat keras dan software sistem komputer terus bekerja secara efisien & bahwa sistem ini sanggup pulih menggunakan cepat dan benar jika terdapat bala.

Integritas melibatkan beberapa unsur yaitu: menjaga konsistensi, akurasi, & kepercayaanberdasarkan data melalui seluruh daur hidupnya. Data tidak boleh diubah dalam saat ditransmisikan. Dalam hal ini harus diambil langkah langkah buat memastikan bahwa data nir bisa diubah oleh orang yg tidak berhak dan nir kurang suatu apapun dan sahih adanya.

Dalam keamanan komputer ada tiga komponen yg selalu menjadi diskusi:Kerentanan: adalah kelemahan menurut personal komputeryg memungkinkan penyerang untuk masuk ke sistem jaringann berita.Ancaman: merupakan kemungkinan bahaya yang mungkin mengeksploitasi kerentanan buat melakukan gangguan pada system keamanan & karena itu dapat mengakibatkan kemungkinan bahaya bagi organisasi.Penanggulangan: adalah suatu tindakan, perangkat, mekanisme, atau teknik yang mengurangi ancaman, kerentanan, atau agresi menggunakan menghilangkan atau mencegah, menggunakan meminimalkan kerugian itu dapat mengakibatkan, atau menggunakan menemukan dan melaporkan kasus system keamanan sehingga tindakan korektif dapat diambil.

Pada ketika computer diperkenalkan pertama kali, berukuran komputer sangat besar , langka, & sangat mahal. Oleh karenanya organisasi atau perusahaan yang relatif beruntung memiliki personal komputerakan mencoba menggunakan cara terbaik buat melindungi computer tersebut. Keamanan komputer hanya salahsatu aspek dari keamanan secara keseluruhan dari asset organisasi. Keamanan difokuskan pada fisik pembobolan, pencurian peralatan personal komputer , dan pencurian atau perusakan bungkus disk, gulungan pita, & media lainnya. Hanya sedikit orang yg tahu bagaimana menggunakan personal komputer , & dengan demikian pengguna harus dengan hati-hati dipilih. Pada waktu itu computer tidak terhubung dengan jaringan internet sehingga memang masalah keamanan hanya serius dalam fisik & lingkungannya saja.

Pada 1970-an, teknologi komunikasi berubah, dan dengan itu cara-cara berkomunikasi juga berubah, pengguna yang berhubungan dengan personal komputer& data dapat bertukar keterangan dengan memakai jaringan telepon. Selain itu multi-programaming, time-sharing, & jaringan mengganti semua aturan pada berkomunikasi. Dengan terkoneksinya computer dalam jaringan telepon maka pengguna berkemampuan untuk mengakses personal komputermenurut lokasi terpencil. Dengan kemampuan itu membarui penggunaan komputer. Komputer merambah ke bidang usaha dengan mulai menyimpan kabar secara online & terkoneksi menggunakan jaringan secara beserta-sama & dengan mainframe yang berisi database.

Dengan di mulainya computer & jaringan buat keperluan bisnis maka mulai muncul kasus keamanan computer terutama menyangkut pencurian data dan keterangan. Sehingga masalah keamanan computer nir lagi terfokus pada kasus fisik dan lokasi, namun pada tambah dengan kasus kemanan data & liputan.

Berdasarkan menurut fungsi & kegunaan computer saat ini maka selain fisik atau hardware nya pula wajibdiperhatikan keamanan jaringan beserta softwarenya. Untuk itu pada beberapa literature disebutkan bahwa serangan bisa dilakukan melalui beberapa cara yaitu:Melalui perangkat network misalnya router, switch, access point & sebagainya.Melalui operating system seperti Microsoft windowsMelalui aplikasi seperti Microsoft office, adobe, database perangkat lunak dan sebagainya.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan kelemahan insan maka agresi juga bisa dilakukan melalui orang atau manusia yaitu dengan memakai teknik social engineering. Dengan demikian buat pertahanan terhadap agresi maka harus dilakukan penilaian & testing terhadap hal hal tadi.

Untuk agresi terhadap perangkat keras mulai dari yg sederhana hingga yg rumit. Salah satu misalnya merupakan serangan terhadap router mulai berdasarkan menggunakan default user name & password hingga memasukkan code dursila pada firmware router tersebut. Oleh karena buat router jangan menggunakan user name “admin” dan ganti passwordnya. Kemudian ganti firmware nya atau passtikan telah menginstall update yg terakhir.

Untuk serangan terhadap operating system seorang hacker akan berusaha mencari jenis operating system yg dipakai sang sasaran beserta versi nya. Setelah mengetahui inforrmasi jenis operating system dan versi nya, hacker akan mencari memahami vulnerability berdasarkan operating system tersebut menggunakan memakai mesin pencari atau lansung ke website Microsoft windows. Setelah itu hacker bisa pribadi menyerang computer target dengan tool atau aplikasi yg Distributor Komputer Medan tepat. Oleh karena itu buat menghadapi serangan terhadap operating system, user wajibselalu  mengupdate atau menginstall path yg disediakan sang penghasil operating system.

Serangan terhadap aplikasi adalah serangan yang paling banyak dilakukan lantaran kerentanan dalam aplikasi lebih mungkin terjadi sehingga saat ini lebih gampang menyerang melalui pelaksanaan.

Saat ini yg paling mudah buat masuk dalam jaringan merupakan melalui pelaksanaan. Lantaran jikalau melalui operating sistem telah tidak gampang lagi, hal Jual Komputer Medan inipun dapat kita rasakan bahwa pada os windows telah tidak acapkali lagi kita mengupdate, ini memberitahuakn os sudah relatif relatif kondusif dibanding os sebelumnya. Demikian jua perangkat perangkat network sudah nisbi sulit buat masuk melalui perangkat network. Yang paling lemah merupakan agresi melalui aplikasi, karena seringkali dijumpai bahwa developer lebih cenderung memperhatikan fuctional sebuah pelaksanaan sementara perkara security berdasarkan aplikasi tersebut pada nomorduakan, bahkan mungkin tidak diperhatikan. Padahal ada banyak aplikasi yg baru yang muncul setiap waktu didunia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *