Kejahatan Komputer

Dewasa ini berita tentang kejahatan dalam global komputer khususnya jaringan Internet seperti agresi virus, worm, Trojan, Denial of Service (DoS), Web deface, pembajakan perangkat lunak, sampai dengan perkara pencurian kartu kredit semakin seringkali menghiasi page media massa. Harga Komputer MeDistributor Komputer Medan dan Kejahatan dalam dunia personal komputerterus semakin tinggi sejalan dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang ini. Tantangan ini sebenarnya memang sudah muncul sejak awal. Kemunculan teknologi komputer hanya bersifat netral. Pengaruh positif & negatif yg didapatkan sang teknologi komputer lebih banyak tergantung menurut pemanfaatannya. Pengaruh negatif yg berkembang menggunakan pesat dan merugikan banyak pengguna personal komputerdiseluruh dunia adalah kejahatan personal komputermelalui jaringan internet atau yang biasa diklaim dengan Cybercrime. Penulis menciptakan makalah ini menggunakan tujuan untuk menaruh pemahaman mengenai kejahatan personal komputermelalui jaringan internet, menaruh penjelasan tentang jenis-jenis kejahatan personal komputerdan bertujuan untuk menaruh solusi buat mengantisipasi kejahatan komputer yg dilakukan melalui jaringan internet.

1. Pengertian Kejahatan KomputerYang pada definisikan oleh 3 ahli computer• Forester & Morrison (1994) mendefinisikan kejahatan komputer sebagai : aksi kriminal dimana personal komputerdigunakan sebagai senjata primer.

• Girasa (2002) mendefinisikan cybercrime sebagai : aksi kejahatan yg menggunakan teknologi personal komputermenjadi komponen primer.

• Tavani (2000) memberikan definisi cybercrime yg lebih menarik, yaitu kejahatan dimana tindakan kriminal hanya mampu dilakukan dengan Grosir Komputer Medan memakai teknologi cyber dan terjadi pada global cyber.

dua. Pengaruh dalam kejahatan computer.

Pengaruh Komputer Pada Masyarakat

Aplikasi sosial dari komputer termasuk memakai komputer pada memecahkan masalah sosial misalnya kasus kejahatan. Dampak sosial ekonomi dari computer menaruh imbas menurut wargatermasuk berdasarkan penggunakan komputer. Contoh komputerisasi proses produksi mempunyai efek negatif seperti berkurangnya huma kerja bagi insan. Hal ini disebabkan lantaran pekerjaan yg biasa dilakukan oleh manusia sekarang dilakukan oleh personal komputer . Dampak positifnya yaitu konsumen diuntungkan dengan hasil produk yg berkualitas & memiliki harga yg lebih murah. Pengaruh Komputer Pada pekerjaan dan hasil produksi

Pengaruh komputer pada pekerjaan & hasil produksi secara eksklusif dapat dicermati pada penggunaan personal komputerbuat otomatisasi aktif. Tidak terdapat keraguan bahwa penggunaan personal komputersudah membuat pekerjaan baru dan menambah output produksi, dsementera itu dilain pihak mengurai kesempatan kerja yang mengakibatkan banyaknya pengangguran. Para pekerja yang dibutuhkan biasnya wajibmemiliki keahlian analisis system, acara personal komputer& menjalankan komputer.

Pengaruh dalam persaingan Komputer mengizinkan perusahaan akbar buat sebagai lebih efisien atau strategi memperoleh keuntungan dari pesaing. Hal ini bias memiliki beberapa dampakanti persaingan. Bisnis perusahaan kecil yg bias bertahan dikarenakan ketidak efisienan dari perusahaan besarapakah sekarang dikendalikan atau diserap oleh perusahaan besar .

Pengaruh pada kualitas hidup Komputer hanyalah sebagian yg bertanggung jawab sebagai standar hidup yg tinggi dan pertambahan saat luang buat saat orang yang kalem. Komputer dapat sebagai peningkatan dalam kualitas hidup lantaran mereka dapat menaikkan kondisi kualitas pekerjaan & kandungan aktivitas kerja.

Informasi rahasia yang dimiliki seorang didalam sentra data personal komputerpemerintah, & bisnis langsung perwakilan. Perusahaan bisa terjadi Jual Komputer Medan penyalah gunaan & ketidak adilan lainnya. Akibat menurut pelanggaran tyerhadap kebebasan.

3. Penyebab Meningkatnya Kejahatan Komputer.

Adapun penyebab maraknya kejahatan personal komputerakhir-akhir ini diantaranya:

a) Aplikasi bisnis berbasis TI dan jaringan komputer semakin tinggi online banking, e-commerce, Electronic data Interchange (EDI).b) Desentralisasi server.c) Transisi menurut single vendor ke multi vendor.d) Meningkatnya kemampuan pemakai (user).e) Kesulitan penegak hokum & belum adanya ketentuan yang niscaya.f) Semakin kompleksnya system yang dipakai, semakin besarnya source code acara yang digunakan.g) Berhubungan dengan internet.

4. Faktor- faktor Penyebab Kejahatan Komputer

Beberapa faktor yang mengakibatkan kejahatan personal komputermakin marak dilakukan antara lain adalah:• Akses internet yang nir terbatas.• Kelalaian pengguna personal komputer . Hal ini merupakan salahsatu penyebab utama kejahatan personal komputer .• Mudah dilakukan menggunakan resiko keamanan yang kecil dan nir diharapkan alat-alat yang super modern. Walaupun kejahatan personal komputergampang buat dilakukan tetapi akan sangat sulit buat melacaknya, sehingga ini mendorong para pelaku kejahatan buat terus melakukan hal ini.• Para pelaku merupakan orang yg dalam umumnya cerdas, memiliki rasa ingin memahami yg akbar, dan fanatik akan teknologi komputer. Pengetahuan pelaku kejahatan personal komputermengenai cara kerja sebuah komputer jauh diatas operator Toko Komputer Medan komputer.• Sistem keamanan jaringan yang lemah.• Kurangnya perhatian warga . Masyarakat dan penegak hukum saat ini masih memberi perhatian yang sangat besarterhadap kejahatan konvesional. Pada kenyataannya para pelaku kejahatan personal komputermasih terus melakukan aksi kejahatannya.• Belum adanya undang-undang atau aturan yang mengatur mengenai kejahatan komputer.• Penyalahgunaan kartu kredit termasuk kejahatan yg sangat sulit ditanggulangi, lantaran hukum di Indonesia belum ada yg spesifik mengatur hukuman terhadap kejahatan ini.

Tetapi buat mengurangi dan mencegahnya, para pemegang kartu kredit bisa melakukan tindakan hati-hati seperti yg disarankan oleh bank Niaga ini dia :

Tips Menghindari Penyalahgunaan Kartu Kredit1. Simpan kartu Anda pada loka yg kondusifdua. Hafalkan angka pin & jangan pernah dituliskan3. Jangan pernah menaruh nomorkartu kredit jika Anda nir berniat bertransaksi.4. Periksa jumlah transaksi sebelum Anda menandatangani Sales Draftlima. Pastikan kartu kredit Anda terima sehabis bertransaksi6. Simpan sales draft & cocokkan pada lbr tagihan bulanan7. Apabila ada transaksi yg diragukan segera laporkan keberatan Anda secara tertulis melalui Fax Customer Service Credit Card.

B. HackerDefinisi Hacker

Banyak orang yang sering mendengar tentang kata Hacker bahkan orang yang nir pernah memegang komputer sekalipun…Di Indonesia sendiri umumnya kata Hacker kebanyakan di mengerti menjadi seseorang Ahli Komputer yg sanggup melakukan tindakan-tindakan pembobolan suatu situs, mencuri credit card,..& sejenisnya..alias Hacker merupakan identik dengan kriminal.. Apa sahih demikian…?

Asal pertama kata “Hacker” sendiri berawal berdasarkan sekitar tahun 60-an di Las Vegas di adakan sebuah permainan (Game) yang memakai system jaringan computer (networking) dimana cara permainan itu satu sama lain berusaha buat masuk ke system personal komputerversus (pemain lainya) dan melumpuhkannya. dari sinilah kemudian orang-orang menamakan sekelompok anak-anak muda yang mengikuti permainanan ini sebagai “Hackers” yaitu sekelompok anak-anak belia yang mampu menjebol dan melumpuhkan system komputer orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.