Operasi Dasar Komputer

Komputer merupakan alat Harga Komputer Medan Grosir Komputer Medan yang digunakan buat mengolah data menurut mekanisme yang sudah dirumuskan. Unit personal komputerterdiri menurut bagian-bagian pemakai (user atau brainware), perangkat keras (hardware), & aplikasi (software).

Secara fisik, Komputer terdiri berdasarkan beberapa komponen yang adalah suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama menciptakan suatu kesatuan. Apabila salahsatu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan nir berfungsinya proses-proses yang ada personal komputermenggunakan baik. Komponen komputer Jual Komputer Medan ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan kegunaannya, perangkat keras personal komputerdibagi menjadi :

dua. Process device (unit Pemrosesan)

tiga. Output device (unit keluaran)

4. Backing Storage ( unit penyimpanan)

Keterangan :Input divice ( unit masukan) terdiri menurut beberapa macam piranti yaitu:Keyboard

Keyboard adalah unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data menggunakan personal komputer . Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, nomor , karakter spesifik serta sebagai media bagi user (pengguna) buat melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan arsip & membuka arsip. Gambar dari keyboard:

Mouse merupakan keliru unit masukan (input device). Fungsi indera ini adalah buat perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Sebagian besarmouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yg dipakai yaitu tombol kiri & tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi Toko Komputer Medan jua dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri dianggap menggunakan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi apabila mouse berada pada objek yang ditunjuk, namun jika nir berada pada objek yg ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.

Scanner adalah sebuah alat yang bisa berfungsi buat mengcopy atau menyalin gambar atau teks yg kemudian disimpan ke pada memori komputer. Fungsi scanner ini mirip misalnya mesin fotocopy. Contoh gambar scanner:

Alat ini biasa dipakai dalam permainan (games) personal komputer .

Light pen adalah pointer elektro yang digunakan buat modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen mempunyai sensor yang bisa mengirimkan frekuwensi cahaya ke personal komputeryang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja menggunakan merekam enam frekuwensi elektronik setiap baris per dtk. Gambar dari light pen :

                                   

Barcode termasuk pada unit masukan (input device). Fungsi indera ini adalah buat membaca suatu kode yg berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang lalu diterjemahkan pada bentuk angka-angka. Gambar barcode reader :

                                            

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan bunyi yang akan disimpan dalam memori komputer atau buat mendengarkan bunyi. Dengan mikropon, kita bisa merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yg kita inginkan dalam saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi buat menerima input suara yaitu sound card & speaker buat mendengarkan bunyi.

Process device (unit pemrosesan)

*CPU Distributor Komputer Medan (central processing devices)

            CPU dipakai sebagai media pemroses utama. Lantaran manfaatnya, media ini dikatakan menjadi otak berdasarkan personal komputer . Cpu bekerja dalam tiga kiprah yaitu kiprah pertama, yaitu menjadi control unitperan ke 2 & ketiga berturut- turut internal memory dan arithmatic logical unit.

 Output device (unit keluaran)Monitor

Monitor personal komputeradalah salahsatu jenis soft-copy device, lantaran keluarannya merupakan berupa signal elektronik, pada hal ini berupa gambar yang tampil pada layar monitor. Gambar yang tampil merupakan hasil pemrosesan data ataupun keterangan masukan.

Speaker di sini pengertiannya sama dengan speaker dalam umumnya, Speaker merupakan transduser yg mengganti sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) menggunakan cara menggetarkan komponennya yg berbentuk selaput.

                  

Printer merupakan sebuah perangkat keras yg dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa goresan pena ataupun gambar berdasarkan komputer dalam media kertas atau yg sejenisnya. Jenis printer ada 3 macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, & printer Laser jet.

4.  Backing storage (unit penyimpanan)

Harddisk sanggup jua disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk merupakan sebuah keliru satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, pada pada harddisk berisi piringan magnetis. Gambar harddisk menjadi berikut :

 Periferal (unit tambahan)Modem

pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data dalam frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media eksklusif ( misalnya media kabel atau udara), umumnya berupa gelombang sinus

   Kartu suara

Kartu bunyi (Sound Card) merupakan suatu perangkat keras personal komputeryang dipakai buat mengeluarkan suara dan merekam suara.

Selain komponen-komponen, perlu jua diketahui bahwa dalam bagian belakang personal komputer(umumnya) tersedia port-port pada mana kita me- masang atau menyambungkan kabel alat-alat lainnya.

Port-port yang umum tersedia merupakan:

Port buat memasang keyboard dan mouse (berdasarkan mainboard),

Port untuk memasang kabel monitor (berdasarkan VGA Card),

Port paralel (LPT), umumnya buat memasang kabel printer,

Port serial (COM), umumnya untuk memasang perangkat komunikasi,

Port modem, loka memasang kabel telepon,

Port LAN, tempat memasang kabel jaringan,

Port USB, jenis port modern yang sanggup digunakan buat bermacam- macam keperluan, seperti untuk kabel printer, kabel kamera digital, & lain-lain,

Jack (colokan) buat speaker, microphone, & sebagainya.

MENGENAL PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

Perangkat lunak (software), mengacu dalam hal-hal tak berwujud atau hal-hal yg kita lihat tetapi kita nir bisa menyentuh. Pengertian lain menurut Perangkat lunak (aplikasi) merupakan acara-program yang telah pada- pasang (install) pada personal komputer& berfungsi mengendalikan kerja komputer. Tanpa software, sebenarnya komputer hanyalah sebuah mesin yang nir mampu apa-apa.

Contoh nya adalah acara aplikasi & data atau contoh yang laiinya merupakan system operasi atau biasa kita sebut, windows, linux, macintos dn masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.