Pengertian Komputer – Fungsi, Sejarah, Bagian, Jenis, Manfaat

Komputer adalah alat yang dipakai buat memasak data menurut prosedur yang sudah dirumuskan. Kata computer semula digunakan buat mendeskripsikan orang Grosir Komputer Medan yg perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa indera bantu, namun arti istilah ini lalu dipindahkan Toko Komputer Medan pada Jual Komputer Medan mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan berita hampir tertentu herbi kasus aritmatika, namun Distributor Komputer Medan personal komputerterbaru digunakan buat poly tugas yang nir herbi matematika.

Dalam definisi seperti itu terdapat indera misalnya slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai menurut abakus & seterusnya, hingga semua komputer elektro yg kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas misalnya “komputer” adalah “yang memproses fakta” atau “sistem pengolah kabar.” Saat ini, personal komputertelah semakin canggih. Namun, sebelumnya komputer nir sekecil, secanggih, sekeren & seringan kini. Dalam sejarah komputer, ada lima generasi pada sejarah komputer.

Generasi KomputerGenerasi Pertama

Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yg terlibat dalam perang tadi berusaha menyebarkan komputer buat mengeksploit potensi strategis yang dimiliki personal komputer . Hal ini menaikkan pendanaan pengembangan komputer dan mempercepat kemajuan teknik personal komputer . Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman menciptakan sebuah personal komputer , Z3, untuk mendesain pesawat terbang & peluru kendali.

Pihak sekutu juga menciptakan kemajuan lain pada pengembangan kekuatan personal komputer . Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode misteri yg dinamakan Colossus buat memecahkan kode misteri yang dipakai Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri personal komputerdikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan personal komputerserbaguna (general-purpose computer), dia hanya dibuat buat memecahkan kode misteri. Kedua, eksistensi mesin ini dijaga kerahasiaannya sampai satu dasa warsa sesudah perang berakhir.

Usaha yg dilakukan sang pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seseorang insinyur Harvard yg bekerja menggunakan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik buat US Navy. Kalkulator tersebut ukuran panjang setengah lapangan bola kaki & mempunyai rentang kabel sepanjang 500 mil.

Baca Juga : Internet, Intranet dan Ekstranet

The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan personal komputerrelai elektro. Ia memakai sinyal elektromagnetik buat menggerakkan komponen mekanik. Mesin tadi beropreasi menggunakan lambat (beliau membutuhkan 3-lima dtk buat setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak bisa diubah). Kalkulator tadi bisa melakukan perhitungan aritmatik dasar & persamaan yang lebih kompleks.

Perkembangan personal komputerlain pada masa kinimerupakan Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat sang kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri berdasarkan 18.000 tabung vakum, 70.000 penahan, dan 5 juta titik solder, personal komputertersebut adalah mesin yang sangat akbar yg mengkonsumsi daya sebesar 160kW.

Komputer ini dirancang sang John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan personal komputerserbaguna (general purpose computer) yg bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.

Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania pada bisnis menciptakan konsep desain komputer yg hingga 40 tahun mendatang masih digunakan pada teknik personal komputer . Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dalam tahun 1945 menggunakan sebuah memori buat menampung baik program ataupun data.

Teknik ini memungkinkan personal komputeruntuk berhenti pada suatu waktu & kemudian melanjutkan pekerjaannya pulang. Kunci primer arsitektur von Neumann merupakan unit pemrosesan sentral (CPU), yg memungkinkan seluruh fungsi personal komputerbuat dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yg dibuat oleh Remington Rand, sebagai komputer komersial pertama yg memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.

Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric mempunyai UNIVAC. Salah satu output mengesankan yg dicapai sang UNIVAC dalah keberhasilannya pada memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower pada pemilihan presiden tahun 1952.

Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan liputan bahwa instruksi operasi dibentuk secara spesifik buat suatu tugas eksklusif. Setiap personal komputermemiliki program kode biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini mengakibatkan personal komputersulit buat diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yg menciptakan personal komputerdalam masa tadi berukuran sangat akbar) & silinder magnetik untuk penyimpanan data.Generasi Kedua

Pada tahun 1948, inovasi transistor sangat mensugesti perkembangan personal komputer . Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, & personal komputer . Akibatnya, berukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.

Transistor mulai dipakai pada pada personal komputermulai pada tahun 1956. Penemuan lain yg berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi ke 2 yg lebih kecil, lebih cepat, lebih bisa diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini merupakan superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, & Sprery-Rand membuat personal komputerbernama LARC.

Komputer-komputer ini, yg dikembangkan buat laboratorium tenaga atom, dapat menangani sejumlah besardata, sebuah kemampuan yang sangat diperlukan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal & cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sebagai akibatnya membatasi kepopulerannya. Hanya ada 2 LARC yang pernah dipasang & digunakan: satu pada Lawrence Radiation Labs pada Livermore, California, dan yg lainnya di US Navy Research and Development Center di [[Washington D.C. Komputer generasi ke 2 menggantikan bahasa mesin menggunakan bahasa assembly. Bahasa assembly merupakan bahasa yg menggunakan singkatan-singakatan buat menggantikan kode biner.

Pada awal 1960-an, mulai bermunculan personal komputergenerasi kedua yg sukses pada bidang usaha, pada universitas, dan pada pemerintahan. Komputer-personal komputergenerasi kedua ini adalah personal komputeryang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka pula memiliki komponen-komponen yang bisa diasosiasikan dengan personal komputerdalam ketika ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, & acara.

Salah satu contoh penting komputer pada masa ini merupakan IBM 1401 yg diterima secara luas pada kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir semua usaha-usaha akbar memakai personal komputergenerasi ke 2 buat memproses warta keuangan.

Baca Juga : Topologi Bus – Karakteristik, Cara, Kelebihan & Kekurangan

Program yg tersimpan pada dalam komputer dan bahasa pemrograman yg ada pada dalamnya memberikan fleksibilitas pada komputer. Fleksibilitas ini menaikkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan usaha. Dengan konsep ini, komputer bisa mencetak faktur pembelian konsumen & kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar honor . Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu.

Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum dipakai. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yg rumit menggunakan istilah-kata, kalimat, dan formula matematika yg lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seorang buat memprogram dan mengatur personal komputer . Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analis sistem, & ahli sistem komputer). Industri piranti lunak pula mulai bermunculan & berkembang dalam masa personal komputergenerasi kedua ini.Generasi Ketiga

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, tetapi transistor membuat panas yg relatif akbar, yg bisa berpotensi Mengganggu bagian-bagian internal personal komputer . Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan kasus ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, membuatkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon miniyg terbuat menurut pasir kuarsa.

Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke pada suatu chip tunggal yg diklaim semikonduktor. Hasilnya, personal komputermenjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan pada chip. Kemajuan personal komputergenerasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating Harga Komputer Medan system) yang memungkinkan mesin buat menjalankan berbagai program yg tidak sama secara serentak menggunakan sebuah acara primer yang memonitor & mengkoordinasi memori komputer.Generasi Keempat

Leave a Reply

Your email address will not be published.