Perakitan Personal Komputer – Pengertian, Komponen & Langkahnya

Perakitan Komputermerakit komputer

4winmobileGrosir Komputer Medan .com – Perakitan Komputer adalah keliru satu kegiatan yang dilakukan sang seorang teknisi personal komputer . Meski begitu sekarang, semua orang jua sudah mampu belajar buat merakit komputer.

Apalagi karena kiniteknologi semakin gampang buat dijangkau oleh banyak orang sehingga siapa saja bisa mempelajari hal ini. Anda pun sanggup mempelajarinya melalui pembahasan artikel pada bawah ini.Perakitan Komputer Adalah

Perakitan personal komputeryaitu merakit semua komponen personal komputerke PC yg siap gunakan. Salah satu perangkat personal komputeryang perlu dirakit adalah komponen pada motherboard.

Motherboard merupakan sentra kendali yang mengontrol pekerjaan seluruh komponen yang terhubung. Bagian ini pula mengontrol catu daya atau daya listrik dalam tiap tiap komponen Komputer.

Semua kemudian lintas yg terdapat pada perangkat penyimpanan (hard disk, CD-ROM) melalui perangkat input data (keyboard, mouse) sampai ke printer, dikendalikan oleh motherboard.Komponen-Komponen Perakitan Komputer

Untuk merakit sebuah personal komputerdiperlukan banyak sekali komponen utama dan pastinya sangat penting sebagai akibatnya Distributor Komputer Medan tidak ada satu komponan pun yang boleh dilewatkan. Berikut ini merupakan beberapa komponen yg diperlukan saat hendak merakit komputer :

13.) MousePersiapan Perakitan Komputer

Merakit komputer bukanlah hal yg gampang, dibutuhkan ketelitian tingkat tinggi supaya hasilnya maksilam. Oleh karena itu masih ada beberapa hal yg harus diperhatikan sebelum mulai merakit personal komputer .

Seperti menyediakan loka yang jauh berdasarkan jangkauan orang supaya Toko Komputer Medan nir terganggu dan mempersiapkan beberapa hal di bawah ini :

1.) Siapkan komponen perangkat keras menggunakan meletakkannya di tempat yang mudah dijangkau. Jangan lupa buat memeriksa semua komponen perangkat keras dan sesuaikan menggunakan tipenya supaya sinkron menggunakan spesifikasi.

Contohnya misalnya mainboard yg mendukung slot DDR2 yg hanya dapat ditempatkan sang memori bertipe DDR3 juga.

dua.) Siapkan kitabmanual yang umumnya terdapat pada setiap komponen, karena kitabmanual sangat penting jadi jangan hingga hilang. Sebab mampu dijadikan menjadi refrensi & petunjuk buat melakukan pemasangan atau instalasi seluruh komponen ketika melakukan perakitan personal komputer .

tiga.) Siapkan semua alat-alat yang digunakan buat merakit komputer, misalnya obeng plus & minus, tang sampai yg paling krusial merupakan gelang anti statis. Karena bisa mencegah terjadinya korslet atau short circuit.

4.) Terakhir, siapkan pula driver CD yg merupakan keliru satu hal yang nir boleh dilupakan karena perangkat keras nir mampu berfungsi tanpa adanya benda ini. Maka dari itu persiapkan driver berdasarkan masing masing komponon buat memastikan proses perakitan berjalan mulus tanpa kendala.Langkah-Langkah Merakit Komputer

Setelah seluruh persiapan dilakukan maka langkah berikutnya merupakan merakit personal komputermenggunakan cara di bawah ini :1.) Pasang Prosesor pada Motherboard

Sebelum memasang motherboard terdapat baiknya jika kita memasang prosesornya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan buat mempermudah pemasangan motherboarnya nanti. Cara memasang prosesor pada motherboard sendiri bias dilakukan seperti ini :processor

1.) Pertama, kami menentukan posisi pin 1 pada prosesor & soket prosesor dalam motherboard, yang Jual Komputer Medan biasanya pada area terpojok.

dua.) Angkat tuas pengunci soket sehingga terbuka.

3.) Sesuaikan posisi kaki prosesor dengan lubang soket. apabila ya, dorong prosesor ke dalam soket hingga terpasang dengan sahih.

4.) Kunci lagi menggunakan tuas pengunci.2.) Pasang Motherboard

Pasang motherboard dalam casing menggunakan cara menempatkannya sesuai menggunakan yang ada dalam lubang di antara casing serta lubang motherboard. Lalu kunci dengan menggunakan sekrup.motherboard3.) Pasang Pendingin atau Heatsink

Jika prosesor juga sudah dipasang, maka saatnya buat memasang heatsink supaya mencegah prosesor sebagai panas. Unit pendingin ini ditempatkan pada prosesor dan dilengkapi menggunakan perangkat hambatan Harga Komputer Medan agar tidak lepas.

Pertama beri lapisan pendingin menggunakan gel konduktif (penghantar) panas. apabila heatsink Anda memiliki kipas, konektor daya kipas / kipas tersambung ke motherboard.heatsink4.) Memasang Memori RAM

Cara memasang RAM sebenarnya gampang saja & nir sesulit saat memasang modul yg lain. Karena buat memasangnya cukup buka tuas loka RAM diletakkan atau ditempelkan.

Perhatikan gambar pada bawah ini :Gambar RAM Komputer

Jika RAM telah dimasukan pada posisi yang benar & homogen. Maka selanjutnya adalah tutup atau kunci pulang tuas yang ada di mainboard loka kita tadi memasang RAM.lima.) Pasang Catu Daya atau Power Supply

Pada saat membeli casing, power supply telah terpasang secara otomatis tetapi bila ternyata power supply belum terpasang. Maka lakukan cara pada bawah ini buat memasangnya :power-supply

1.) Tempatkan power supply di belakang casing dan kencangkan menggunakan sekrup.

2.) Pasang konektor daya berdasarkan power supply ke motherboard beserta menggunakan kabel-kabelnya.6.) Pasang Kabel Motherboard dan Casingkabel-motherboard

1.) Pasang kabel koneksi IDE utama & sekunder pada motherboard.

2.) Sambungkan kabel koneksi serial bersama dengan paralel dalam konektor di motherboard (khusus motherboard non-ATX).

3.) Terdapat lubang dalam bagian belakang casing yang ada pada loka konektor tambahan yang berupa slot & bisa dimasukkan.

Lalu buka terminal lubang tertutup yg terbuat berdasarkan pelat pengunci sekrup. Kemudian tambahkan saja terminal yang hendang dipasangkan. Lalu pasang lagi sekrupnya.

4.) Sambungkan kabel koneksi mouse dan keyboard ke motherboard.

5.) Koneksi kabel lainnya seperti LED, speaker internal, dan port dalam casing personal komputer .7.) Pasang Drive

Tahap berikutnya merupakan dengan memasang drive, misalnya seperti hard disk, CD-ROM atau DVD-ROM, menggunakan cara di bawah ini :CDharddisk

1.) Masukkan drive ke casing berdasarkan depan, dengan cara menyesuaikan pengaturan jumper (Seperti Master atau Slave) dalam drive. Lalu pasanglah sekrup supaya drive tidak kendur.

2.) Lanjutkan dengan menyambungkan kabel IDE dalam driver serta konektor yg terdapat di motherboar, karena konektor primer yang akan digunakan terlebih dahulu.

tiga.) Ketika kabel IDE terhubung ke 2 (2) drive, drive pertama ditetapkan menjadi master dan yg lainnya sebagai slave menjadi pengaturan jumper.

4.) Dua drive tambahan bisa dihubungkan melalui konektor IDE sekunder pada motherboard.

lima.) Sambungkan kabel daya dari catu daya setiap drive.8.) Pasang Card Adapter

Biasanya card adapter yang dipasangkan adalah adaptor SCSI, kartu video, kartu suara hingga modem. Cara memasangnya sendiri merupakan menggunakan :Card Adapter

Memasukkan adaptor kartu pada slot yang terdapat pada motherboard kemudian tekan saja sampai konektornya bisa masuk sepenuhnya. Lalu masukkan sekrup menjadi kartu cadangannya.9.) Fase Terakhir dari Rakitan Komputer

Untuk langkah terakhir berdasarkan proses ini ketika unit komputer telah tertutup selubung dan sekrupnya. Lalu sambungkan kabel yg ada di adaptor AC dalam outlet dinding. Kemudian sambungkanlah konektor monitornya pada konektor kartu grafis, konektor kabel keyboard, dan konektor mouse ke konektor mouse.Tinjau Hasil Unit Komputer

Setelah komputer terpasang, kita meninjau dan menguji hasilnya menggunakan acara BIOS. Periksa apakah semua acara yang terdapat di Komputer telah sanggup dijalankan atau nir, menggunakan cara seperti pada bawah ini :

1.) Nyalakan komputer & monitor, lihat layar monitor, dan perhatikan suara melalui speaker.

dua.) Sekarang program Bios Fost secara otomatis mendeteksi perangkat keras yang diinstal pada personal komputer .

tiga.) Buat pengaturan buat kapasitas hard disk & urutan boot.

4.) Setelah Anda menyimpan pengaturan & merampungkan Pengaturan BIOS, personal komputermemuat sistem operasi menggunakan urutan pencarian yang cocok menggunakan pengaturan urutan boot pada Bios.

lima.) Masukkan CD yang dapat pada-boot berisi sistem operasi ke dalam drive pencarian.

Jika semuanya berjalan normal, maka ialah proses perakitan telah berhasil dilakukan dan proses perakitan personal komputermampu diselesaikan. Tetapi jika terdapat beberapa kendala maka harus dilakukan inspeksi ulang buat mengatasi hambatan yang terjadi pada personal komputerwaktu dirakit.Penanganan Masalah Perakitan Komputer

Tak sanggup dipungkiri waktu merakit personal komputermasih ada banyak kendala yg mampu terjadi sehingga membuat hasil tidak sinkron menggunakan cita-cita. apabila terjadi kendala yg membuat komputer nir mampu dioperasikan, maka lakukan beberapa langkah di bawah ini sebagai solusinya :

1.) Nyalakan personal komputer . Jika personal komputerdan monitor tidak dinyalakan, periksa apakah kabel listrik telah terhubung ke stopkontak.

dua.) Saat jam dihidupkan, hitam / warna ada pada layar. Pasti ada kesalahan. Ketika CPU mengeluarkan suara bip maka lokasi RAM wajibdiperbaiki.

3.) Jika adaptor kartu tidak dikenali maka cobalah periksa apakah adaptor kartu terpasang dengan sahih pada slotnya atau nir.

4.) apabila LED pada HDD atau CD menyala, periksa apakah konektor terhubung atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.