8 Disparitas Baja Cor Dan Besi Cor – Logam Ceper

Last updated on April 6th, 2018 at 09:34 am

Proses pengecoran logam sudah membuat ribuan material. Ada 2 material yang telah dikenal populer oleh khalayak ramai, yaitu baja cor Supplier Besi Baja & besi cor. Lalu, apa saja disparitas baja cor & besi cor?

Secara visual, disparitas baja cor dan besi cor nyaris tak nampak. Keduanya memiliki kadar Fe (Ferro) sebagai pembentuknya. Warna & tekstur jua sekilas sulit dibedakan. Orang awam kadang menganggap sama antara baja cor dan besi cor.

Di Sentra Industri Logam Ceper, ke 2 istilah ini kadang tertukar. Sebutan besi merupakan buat barang yang terbuat dari baja. Dan waktu menyebut wojo, itu adalah buat besi cor.

Perbedaan baja cor dan besi cor sanggup dicermati secara lanjut dengan uji laboratorium. Bisa juga diketahui menurut visual pengerjaan atau perlakuan terhadap baja cor dan besi cor.Perbedaan Baja Cor & Besi Cor

Supplier Besi Baja medan Komposisi Kimia (serc.carleton.edu)

Perbedaan baja cor & besi cor yg pertama yaitu dari kandungan karbonnya. Kandungan karbon sanggup nampak berdasarkan output uji komposisi kimia. Dan kandungan karbon merupakan pembeda yg kentara kentara dan terukur untuk baja cor & besi cor.  Baja Cor mempunyai % karbon dibawah 2 %. Sementara besi cor mempunyai persen karbon diatas dua %.  Pembeda ini telah sering dibahas dibeberapa lembaga pengecoran logam karena memang pembeda ini terukur dari output laboratorium.

Sewaktu kita menguji komposisi kimia baja cor & besi cor, kita akan melihat perbedaannya pada sampel uji.

Baja cor sanggup menggunakan sampel uji berdasarkan benda langsung atau dari sistem saluran dan penambah. Besi cor mesti menggunakan chill test yg disediakan saat proses penuangan cairan.

Bahan Lining

Tipikalnya & idealnya, dalam proses peleburan baja cor menggunakan bahan lining memiliki karakter basa. Sedangkan proses peleburan besi cor mesti memakai bahan lining yg berkarater asam.

Asam & basa suatu lining bisa dihitung dari basisitasnya. Bahan yg memiliki basisitas > 1%, berarti berkarakter basa. Bahan yg mempunyai basisitas < 1%, memiliki karakter asam.

Sederhananya, bahan lining yang memiliki karakter basa mempunyai kandungan MgO2 Supplier Besi Baja medan lebih banyak. Sementara bahan lining yg mempunyai karakter asam memiliki kandungan SiO2 lebih banyak.

Apakah peleburan baja cor tidak bisa menggunakan lining asam? atau kebalikannya peleburan besi cor memakai lining basa?

Jawabanya, mampu saja. Tapi itu akan mengganggu proses peleburan yang berakibat output cairan tidak optimal & jua akan memperpendek umur lining. Cairan yang nir optimal bisa mengakibatkan terjadinya cacat coran.

Uji Pukul (egamaster.com)

Untuk menerima pembeda, 2 material coran yang terbuat menurut baja cor dan besi cor bisa diuji pukul. Maksudnya disini merupakan dipukul sebagai akibatnya membentuk bunyi. Baja cor umumnya mempunyai output pukulan suara yang lebih nyaring dibanding besi cor. Baja cor memiliki bunyi nyaring ‘trang’ lebih terdengar jelas & nyaring dibanding besi cor. Mungkin lantaran sifat besi cor yang dapat meredam getaran. Tapi buat hal ini belum dilakukan penelitian lebih lanjut. Tentunya output ini merupakan relatif dan tidak terukur.

Percikan Gerinda (dipotret.blogspot.com)

Poin ini pula diambil dari output pengamatan realitas subjektif, bukan hasil penelitian. Tapi kita mampu membedakan percikan gerinda antara baja cor & besi cor.

Baja cor memiliki percikan gerinda yg lebih pendek & lebih sedikit dibanding besi cor. Sekali lagi, kami tidak mampu mengungkapkan alasanya & sebabnya.

Sehingga bila seseorang yg sedang menggerinda benda cor dan membuat percikan yg panjang & poly, kemungkinannya beliau sedang menggerinda besi cor.

6. Sifat Fisik dan Sifat Mekanik

Uji Tarik (g2mtlaabs.com)

Besi cor mempuyai karakteristik yaitu kemampuan las yg rendah, kemampuan tempa yang baik (buat malleable), korosif, ketahanan aus yang rendah, mempunyai elongasi tinggi (buat ductile), dan sanggup meredam getaran.

Baja cor mempuyai ciri diantaranya tangguh, kekuatan, daya tarik & daya tekan yg akbar, tahan korosi yg baik (baja paduan krom0, & kurang bisa meredam getaran.

Harga Pasar (howdoresearch.com)

Untuk pasar Ceper, harga baja cor masih lebih tinggi dibanding besi cor. Biaya proses buat baja cor lebih tinggi karena memakai perapian induksi. Selain itu, proses pabrikasi mulai menurut pola hingga finishing akhir, baja cor membutuhkan perlakuan dan output produk yang lebih ketat.

Deck Drain Besi Cor  (maria.co.id)

Perbedaan baja cor dan besi cor yang terakhir yaitu menurut segi aplikasinya. Besi cor mempunyai aplikasi yang lebih luas dibanding baja cor. Sehingga volume hasil buat besi cor lebih banyak dibanding baja cor.

Aplikasi besi cor antara lain buat manhole cover, deck drain, grill dan grating drainase, blok mesin, & bodi mesin.

Grill Cast Iron & Manhole Cover (maria.co.id)

Aplikasi baja cor antara lain buat komponen presisi, pipa, struktur mekanik, struktur konstruksi & lain sebagainya.Simak pula video mengenai disparitas baja cor dan besi cor berikut adalah :

Related

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *