Komponen Jaringan Personal Komputer

1.    PC (Personal Computer)

PC merupakan seperangkat peralatan computer yg dipakai sang satu orang/eksklusif, baik dilingkungan kantor, toko, rumah maupun lainnya. computer jenis PC ini berfungsi mengolah data input & menghasilkan output data warta sinkron dengan impian pengguna atau tak jarang dianggap sebagai user. Dalam pengolahan data, mulai menurut memasukkan data sampai membentuk kabar, computer memerlukan sistem yang adalah kesatuan elemen menjadi berikut :

Hardware (perangkat keras) adalah sekumpulan komponen perangkat keras di pada computer yang secara fisik bisa dilihat, diraba dan dirasakan. Hardware dikelompokkan sebagai 4 bagian yaitu :Device input atau peralatan input (keyboard, mouse, dll)Device process atau alat-alat proses menurut data input (prosesor, motherboard, memori)Device hasil atau alat-alat hasil (monitor, printer, speaker, dll) Device peripheral atau alat-alat tambahan lainnya (modem, tv tuner, USB flash, dll)

Software (software) merupakan acara yg  berisi instruksi/perintah menjadi mediator, yg menghubungkan antara hardware dan brainware sehingga menghasilkan fakta sinkron hasrat brainware. Software dibagi sebagai dua golongan yaitu :Software operation system (OS) seperti DOS, Windows, Linux, Harga Komputer Medan dll.Software application (acara pelaksanaan) seperti Microsoft office, database management, acara grafis, network software, web design tool, utilities, entertainment and education, dll.

Brainware (pengguna) merupakan perangkat yg mengoperasikan & menjalankan aplikasi yg terdapat pada pada computer, contohnya mengetik surat menggunakan memakai Microsoft word, menciptakan program aplikasi perusahaan, memperbaiki computer, dll. Berdasarkan kemampuan & keahlian yang dimiliki, pengguna computer dapat dikelomokkan menjadi beberapa kategori contohnya, programmer, operator, technical support, desainer grafis, dll.

dua.     NIC (Network Interface Card)

NIC atau sering juga dianggap adapter card adalah sebuah kartu elektronik yg dipasang pada seluruh komputer yg ingin dihubungkan dalam suatu network (termasuk personal komputerserver – client). NIC inilah yg berfungsi menghubungkan personal komputer– komputer dalam suatu LAN & mengijinkan seluruh personal komputertadi dapat saling berkomunikasi.

tiga.     Media TransmisiWire Network adalah jaringan personal komputerdengan menggunakan kable menjadi perantaranya. Kabel yg generik digunakan dalam jaringan personal komputerumumnya pada sebut menggunakan kabel UTP (Unshielded twisted-pair). Kabel ini memakai bahan dasar tembaga tanpa pelindung di dalamnya, makanya kabel ini dinamakan menggunakan Unshielded twisted-pairWireless Network adalah jaringan tanpa kabel yang memakai media pengantar alat-alat radio yg sanggup saling terhubung. Jenis- jenis radio yang mampu pada pakai mempunyai macam & ragam yang poly. Seperti halnya radio yang biasa kita dengar kan yg mempunyai frequensi, radio inipun memiliki frequensi yg membatasi tiap-tiap radio nir saling terhubung. Frequensi yg pada gunakan pada radio buat jaringan komputer biasanya menggunakan frequensi tinggi, misalnya dua.4 GHz , lima.8 GHz

Data-data dalam jaringan bisa ditransmisikan melalui 3 media :Copper media (media  tembaga)

Copper media merupakan seluruh media transmisi data yg terbuat Distributor Komputer Medan dari bahan tembagaOrang umumnya menyebut dengan nama kabel Data yg dikirim melalui kabel , bentuknya merupakan frekuwensi-frekuwensi listrik (tegangan atau arus) digitalOptical Media (media optik)Wireless Media (media tanpa kabel)

Jenis-jenis kabel yang digunakan sebagai transmisi data dalam jaringan :Koaksial

Kabel ini seringkali digunakan menjadi kabel antena TV, dan diklaim pula menjadi kabel BNC (Bayonet Naur Connector). Kabel ini merupakan kabel yang paling banyak digunakan dalam LAN, karena memiliki perlindungan terhadap derau yang Grosir Komputer Medan lebih tinggi, murah. Dan mampu mengirimkan data menggunakan kecepatan standar.

Keuntungan menggunakan kabel koaksial adalah murah dan jarak jangkauannya cukup jauh

Kekurangannya merupakan susah pada ketika instalasi Untuk ketika ini kabel koaksial sudah tidak direkomendasikan lagi intuk instalasi jaringanTwisted Pair

Twisted Pair terdiri dari dua jenis :Shielded Twisted Pair (STP)

Kabel STP memiliki kabel pelindung buat menghindari derau dan proteksi terhadap cuaca Jual Komputer Medan udara di luar gedung.

Keuntungan menggunakan kabel STP merupakan lebih tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik baik berdasarkan menurut pada maupun berdasarkan luar

Kekurangannya merupakan mahal , susah pada saat instalasi (terutama masalah grounding), dan jeda jangkauannya hanya 100mUnshielded Twisted Pair (UTP)

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan jenis kabel yg terdiri dari dua dawai tak terbungkus yang berpilin

Keuntungan menggunakan kabel UTP adalahmurah & gampang diinstalasi

Kekurangannya adalah rentan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik,dan jarak jangkauannya hanya 100m

Ada beberapa kategori buat kabel Twisted Pair, yaitu :

Umumnya menggunakan konduktor padat baku AWG sebesar 22 atau 24 pin dengan range impedansi yg lebar. Digunakan pada koneksi telepon dan nir direkomendasikan buat transmisi data.

Range impedansi yg lebar, tak jarang digunakan pada sistemPBX dan sistemAlarm. Transmisi data ISDN menggunakan kabel kategori 2, dengan bandwidth maksimum 1 MBps.

Sering disebut kabel voice grade, menggunakan konduktor padat sebesar 22 atau 24 pin menggunakan impedansi 100 O & berfungsi hingga 16 MBps. Dapat dipakai buat jaringan 10BaseT & Token Ring menggunakan bandwidth 4 Mbps.

Seperti kategori tiga menggunakan bandwidth 20 MBps, diterapkan pada jaringan Token Ring menggunakan bandwidth 16 Mbps.

Merupakan kabel Twisted Pair terbaik (data grade) dengan bandwidth 100 Mbps dan jangkauan transmisi maksimum 100 m.Optical Media

Bahan dasar dari optical media adalah kaca menggunakan berukuran yg sangat kecil (skala mikron). Biasanya dikenal menggunakan nama fibre optic (serat optic) Data yang dilewatkan pada medium ini pada bentuk cahaya (laser atau inframerah)

Fiber optik disusun menjadi tiga bagian, yaitu:

>> Bagian Inti (Core), merupakanbagian lintasan yg dilewati cahaya.

>> Bagian Selongsong (Cladding), berfungsi buat merefleksikan cahaya yang akan memantul keluar, kembali balikke dalambagian inti

>> Bagian Buffer/Coating, merupakanpelindung plastik buat core & cladding.

Transmisi serat optik dapat dilakukan melalui 2 cara yaitu :Multi Mode

Pada jenis ini, suatu warta (data) dibawa melalui beberapa lintasan cahaya yg dijalarkanmelalui serat dari satu ujung ke ujung lainnya.Single Mode

Transmisi data melalui single mode hanya menggunakansatu lintasan cahaya yang merambat melalui serat. Metode semacam ini bisa menghindarkan ketidakakuratan yg bisa terjadi dalam penyaluran data.

Keuntungan menurut fiber optic  diantaranya :Kemampuannya yang baik dalammengantarkan data menggunakan kapasitas yang lebih besardalamjarak transmisi yg cukup jauh.Kecepatan transmisi yg tinggi sampai mencapai ukuran gigabits, serta tingkat kemungkinan hilangnya data yang sangat rendah.KeToko Komputer Medan amanan fiber optic yang tinggi, aman dari dampak interferensi frekuwensi radio, motor, juga kabel-kabel yang berada di sekitarnya, membuat fiber optic lebih poly digunakan dalaminfrastruktur perbankan atau perusahaan yang  membutuhkan jaringan menggunakan tingkat keamanan yang tinggi.optic kondusif digunakan dalamlingkungan yg mudah terbakar & panas  Dalam hal ukuran, fiber optic pula jauh lebih kecil dibandingkan dengan kabel tembaga, sebagai akibatnya lebih berhemat tempat dalamruangan network data center dimana pun.

Kekurangan fiber optic yaitu :Harganya yang relatif mahal bila dibandingkan menggunakan teknologi kabel tembaga.Cukup besarnya investasi yang dibutuhkan untuk pengadaan sumber daya manusia yg tangguh, karena taraf kesulitan implementasi & deployment fiber optic yg cukup tinggi.Wireless Media

Saat ini sudah poly dipakai jaringan tanpa kabel (wireless network), transmisi data menggunakan sinar infra merah atau gelombang mikro buat menghantarkan data. Walaupun kedengarannya simpel, tetapi kendala yg dihadapi disini merupakan perkara jeda, bandwidth, & mahalnya biaya .

Media transmisi wireless menggunakan gelombang radio frekuensi tinggi. Biasanya gelombang elektromagnetik dengan frekuensi dua.4 Ghz dan lima Ghz. Data-data digital yg dikirim melalui wireless ini akann dimodulasikanke dalam gelombang elektromagnetik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *