Pengertian Pengkabelan & Setting Jaringan Personal Komputer

Pengertian pengDistributor Komputer Medan kabelan jaringan personal komputer

Kabel Jaringan merupakan kabel yang menghubungkan antara personal komputerdengan Harga Komputer Medan komputer, menurut server ke swich dan yg lainya.kabel jaringan juga bisa menjadi perantara pengguna dengan pengguna lainya pada satu daerah lokal seperti (warnet, kantor perusahaan dll).selain itu kabel jaringan juga sanggup disebut menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) yg tak jarang dipakai buat LAN dan kabel telpon. Kabel UTP sendiri terdiri menurut empat rona konduktor tembaga yg setiap pasangannya berpilih. Kabel UTP terhubung ke perangkat melalui konektor modular Jual Komputer Medan yaitu 8 pin yg biasa kita sebut menjadi RJ-45, dan semua protokol LAN dapat beroprasi melalui kabel UTP. Dan kebanyaka perangkat LAN dilengkapi sang konektor RJ-45.Di pada global IT kabel UTP juga bisa diklaim dengan kabel LAN (Local Area Network)Dibawah ini adalah contoh kabel UTP atau LAN (Local Area Network) dan RJ-45

Jenis – Jenis Kabel Jaringan ComputerUntuk membuat suatu jaringan di butuhkan kabel sebagai penghubung. Kabel yang dipakai dirancang khusus buat bisa berfungsi dengan baik. Ada 4 jenis kabel yang digunakan Grosir Komputer Medan dalam merancang sebuah jaringan computer. Kabel tadi antara lain kabel Coaxial, kabel Unshielded Twisted Pair (UTP), kabel Shielded Twisted Pair (STP) dan kabel Serat Optik (Fiber Optik).

Berikut ini jenis-jenis kabel jaringan computer :1. Kabel Coaxial

Kabel Coaxial terdiri atas dua kabel yang diselubungi sang 2 taraf isolasi. Tingkat isolasi pertama adalah yg paling dekat dengan kawat konduktor tembaga. Tingkat pertama ini dilindungi sang serabut konduktor yg menutup bagian atasnya yg melindungi dari dampak elektromagnetik. Sedangkan bagian inti yg dipakai buat transfer data merupakan bagian tengahnya yg selanjutnya ditutup atau dilindungi dengan plastik menjadi pelindung akhir buat menghindari menurut goresan kabel. Beberapa jenis kabel coaxial lebih akbar dari pada yang lain. Makin akbar kabel, makin besarkapasitas datanya, lebih jauh jarak jangkauannya dan nir begitu sensitif terhadap interferensi listrik.

Karakteristik kabel coaxial :1. Kecepatan & keluaran 10 – 100 MBpsdua. Biaya Rata-homogen per node murahtiga. Media dan berukuran konektor medium4. Panjang kabel maksimalyang di izinkan yaitu 500 meter (medium)

Jaringan yg menggunakan kabel coaxial merupakan jaringan menggunakan porto rendah, tetapi jangkauannya sangat terbatas dan keandalannya pula sangat terbatas. Kabel coaxial dalam umumnya digunakan pada topologi bus & ring.

dua. Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)

Kabel Unshielded Twisted Pair(UTP) merupakan sepasang kabel yg di-twist/dililit satu sama lain menggunakan tujuan untuk mengurangi interferensi listrik yang bisa terdiri menurut dua, empat atau lebih pasangan kabel (umumnya yang digunakan pada jaringan komputer terdiri dari 4 pasang kabel / 8kabel). UTP bisa mempunyai transfer rate 10 Mbps hingga dengan100 Mbps namun mempunyai jarak yang pendek yaitu maximum 100m.

Terdapat lima kategori kabel UTP :

1. Category (CAT) 1Digunakan untuk telekomunikasi telepon & tidak sesuai buat transmisi data.

2. Category (CAT) 2Jenis UTP ini dapat melakukan transmisi data hingga kecepatan 4 Mbps.

3. Category (CAT) 3Digunakan buat mengakomodasikan transmisi menggunakan kecepatan sampai dengan 10 Mbps.

4. Category (CAT) 4Digunakan buat mengakomodasikan transmisi dengan kecepatan hingga dengan 16 Mbps.

5. Category (CAT) 5Merupakan jenis yg paling popular dipakai dalam jaringan komputer di global dalam waktu ini. Digunakan buat mengakomodasikan transmisi dengan kecepatan hingga dengan 100 Mbps.

3. Kabel Shielded Twisted Pair (STP)

Secara fisik kabel shielded sama menggunakan unshielded namun perbedaannya sangat akbar dimulai menurut kontruksi kabel shielded memiliki selubung tembaga atau alumunium foil yang khusus dibuat buat mengurangi gangguan elektrik. Kekurangan kabel STP lainnya adalah tidak samanya baku antar perusahaan yg memproduksi & lebih mahal & lebih tebal sehingga lebih susah dalam penanganan fisiknya.4. Kabel Serat Optik (Fiber Optik)

Jenis kabel fiber optic adalah kabel jaringan yg jarang digunakan dalam instalasi jaringan tingkat menengah ke atas. Pada umumnya, kabel jenis ini digunakan pada instalasi jaringan yang akbar & dalam perusahaan multinasional serta digunakan untuk antar lantai atau antar gedung. Kabel fiber optic adalah media networking medium yg dipakai buat transmisi-transmisi modulasi. Fiber Optic harganya lebih mahal pada bandingkan media lain.

Fiber Optic mempunyai 2 mode transmisi, yaitu single mode dan multi mode. Single mode memakai sinar laser sebagai media transmisi data sehingga memiliki jangkauan yang lebih jauh. Sedangkan multimode memakai LED sebagai media transmisi.

Karakteristik kabel fiber optik :1. Beroperasi dalam kecepatan tinggi (gigabit per dtk)dua. Mampu membawa paket-paket menggunakan kapasitas akbar3. Biaya homogen-rata pernode cukup mahal4. Media dan ukuran konektor minilima. Kebal terhadap interferensi elektromagnetik6. Jarak transmisi yg lebih jauh ( 2 – 60 kilometer)

Teknologi fiber optic atau serat Toko Komputer Medan cahaya memungkinkan menjangkau jarak yang besar& menyediakan proteksi total terhadap gangguan elektrik. Kecepatan transfer data bisa mencapai 1000 mbps dan jeda dalam satu segment dapat labih dari 3.5 km. kabel serat cahaya nir terganggu sang lingkungan cuaca dan panas.

Cara Setting Jaringan KomputerAnalisis Jaringan Komputer : Cara Setting Jaringan KomputerSebelum komputer terkoneksi dalam sebuah jaringan terlebih dahulu harus terpasang seluruh perangkat keras yg dibutuhkan .Jadi selesainya perangkat keras terpasang seluruh selanjutnya kita melakukan settingan agar komputer mampu terhubung kedalam satu jaringan yg sama.

Sistem operasi yang digunakan harus mendukung protokol yg dipakai buat koneksi antar jaringan, Protokol yang sering digunakan dalam jaringan tiada lain adalah protokol TCP/IP

Berikut rapikan cara melakukan setting jaringan sebagai berikut :

• Pakai star hidangan –> pada kontrol panel next Network Connection• Klik kana dalam area Network Konnetion kemudian pilih properties

Network Connetion ———>• Pada Tab General Klik sajian Internet Protokol TCP/IP & klik Properties

Lan Properties• Tuliskan alamat IP address yg dikehendaki contohnya 192.168.0.01 sedangkan subnet mask 255.255.255.0 & perlu duperhatikan masing -masing komputer mempunyai no IP Address yg bhineka

• Lakukan testing dengan cara dalam c prompt ketikC: Ping 192.168.0.01• apabila komputer replay bararti komputer sudah terhubung kedalam jaringan yg sama

Merakit Personal Komputer– Setting Koneksi Jaringan KompterApa keterangan teman ilmu digital, dalam artikel sebelumnya ilmu digital sudah shere materi sosialisasi jaringan yg adalah materi tambah pada mata pelajaran merakit personal personal komputer . Pada artikel kali ini, ilmu digital jua akan shere materi mengenai setting koneksi jaringan komputer yg pula merupakan materi tambahan dalam mata pelajaran jaringan personal komputer . Semoga berguna.

IP berfungsi buat mengidentifikasi komputer yg terkoneksi ke jaringan. Cara Setting :• Start > Control Panel > Network & Internet• Network & Shering Center > Change Adapter Setting• Klik Kanan dalam Local Area Connection > Properties• Pilih Internet Protocol Versi 4 (TCP/IPv4) > Properties• Masukkan IP & Subnet mask > OK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *